Danlanal Tegal Saksikan Tradisi Larung Sesaji Sedekah Laut Di Pesisir Kota Tegal

 

Surabaya, 06 Agustus 2023,–
Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Tegal Letkol Marinir Moch. Chanan Asfihani, M.Tr.Hanla., menyaksikan tradisi larung sesaji ancak sedekah laut yang digelar di KUD Karya Mina Tegalsari Kota Tegal. Minggu (06/08/2023).

Guna mendukung rangkaian kegiatan tersebut Kapal Angkatan Laut (KAL) Maribaya II-5-12 digunakan untuk onboard pejabat Forkopimda sedangkan Patkamla Kaligung II-5-13 dan RHIB digunakan untuk mengawal pelaksanaan acara sedekah laut yang digelar di Perairan Laut Utara Tegal.

Tampak terlihan masyarakat yang begitu sangat antusias untuk mengikuti upacara ritual tahunan yang rutin dilaksanakan sesuai budaya adat nelayan Tegal. Sebelum acara prosesi pelarungan dimulai terlebih dahulu dilaksanakan ruwatan ancak sesaji oleh Ki Dalang Sarjono.

Dalam kesempatan tersebit Danlanal Tegal menyampaikan bahwa acara Larung Sesaji Sedekah Laut ini merupakan tradisi budaya kearifan lokal yang harus dilestarikan dan kegiatan tersebut merupakan ajang persatuan para nelayan yang ada di Kota Tegal.

Turut hadir dalam Kegiatan tersebut Walikota Tegal H. Dedy Yon S., S.E., M.M. dan pejabat Forkopimda serta Kepala Instansi Maritim Terkait lainnya.

Related posts